Peresmian Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Dan Sosialisasi Perlindungan Perempuan Dan Anak

Muaradua (23/11) Pemerintah  Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB-PPA) Kabupaten OKU Selatan pagi tadi telah sukses meresmikan Sekretariat Pusat Pelayan Terpadu Permberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula kantor KB-PPA Pemerintahan Kabupaten OKU Selatan. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP M.SI serta ketua DPRD, FKPD, Ketua TP-PKK beserta anggota, Hj. Agung Melda MM Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Kesehatan,Direktur RSUD Muaradua, Para Asisten, Para Staf Ahli, Kepala OPD, dan seluruh Peserta Sosialisasi yang terdiri dari Siswa-Siswi SMP dan SMA di Kabupaten  Ogan Komering Ulu Selatan.

Dalam laporannya Bulandina, SKM selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB-PPA) Kabupaten OKU Selatan mengatakan Tujuan dari kegiatan ini adalah Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta pencegahan dan penanggulangannya. Dan peserta Kegiatan Peresmian Sekretariat P2TP2A dan Sosialisasi Perlindungan Perempuan dan Anak di Kabupaten OKU Selatan berjumlah 150 Orang. Yang terdiri dari PKK Kabupaten, PKK Kecamatan, Ibu Bayangkari, Ibu Persit, Anak-anak SMA SMP  dan Organisasi  Wanita se-Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Dalam sambutannya Isyana Lonetasari Popo Ketua TP-PKK Kabupaten OKU Selatan selaku Ketua P2TP2A Kabupaten OKU Selatan  mengatakan dalam kepengurusan Kegiatan ini sangat perlu dukungan masyarakat dan pemerintah daerah untuk bahu membahu saling bekerja sama  dalam meminimalisir angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Bumi Serasan Seandanan ini. Sebagai  modal terbesar dalam  menjalankan  tujuan P2TP2A dan terealisasinya program-program  kerja yang akan disusun nantinya perlu mendapatkan  dukungan dari berbagai pihak, karena modal awal yang  kita butuhkan adalah silaturahmi antar sesama kita pengurus dengan masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Selatan Hj. Agung Melda MM mengatakan misi dari P2TP2A adalah untuk meningkatkan kualitas perempuan dengan pemberdayaan serta perlindungan anak dengan cara memenuhi hak anak, karena sesuai tugasnya P2TP2A itu adalah pencegahan, penanganan dan pemberdayaan yang merupakan action dinas KB-PPA dalam berkoordinasi untuk melindungi perempuan dan anak. Karena makin banyaknya permasalahan terhadap perempuan dan anak maka pemerintah pusat sangat mengharapkan agar terbentuknya Dinas P2TP2A  secara mandiri disetiap daerah.

Dalam sambutan yang disampaikan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Sholehien Abuasir Sp. MSi mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan mengucapkan selamat atas diresmikannya Sekretariat Pusat Pelayan Terpadu Permberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten OKU Selatan semoga dapat mengemban amanah dengan baik serta meningkatkan koordinasi dan partisipasi pada semua pihak baik pemerintah swasta dan seluruh lapisan masyarakat dalam rangka membangun kerja sama untuk mencegah dan mengurangi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Pada kesempatan ini juga Wakil Bupati OKU Selatan mengharapkan terbentuknya pengurus  sekretariat P2TP2A ini dapat menjadikan lembaga P2PT2A ini sebagai pusat pelayanan terhadap perempuan dan anak, serta unutk mendapatkan informasi, konsultasi terhadap penanganan dan perlindungan hukum pendampingan mediasi terhadap dampak pksikologis masalah kekerasan. Dan dengan kepengurusan P2TP2A kirannya dapat menghapus segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta mengupayakan kesetaraan Gender sehingga hak-hak perempuan dan anak dapat terpenuhi dengan baik.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.