PELATIHAN UP2K POKJA I DAN POKJA II SERTA PELATIHAN PIJAT BAYI POKJA IV TIM PENGGERAK PKK KABUPATEN OKU SELATAN

Muaradua, Kamis, 26 Oktober 2017. Dulu profesi pijat bayi cenderung hanya dilakukan orang sebagai pekerjaan turun temurun. Tapi kini hal tersebut tidak berlaku lagi, semua orang bisa melakukan pijat bayi termasuk  kader PKK. Menurutnya pelatihan metode pijat bayi ini penting untuk tumbuh kembang anak sehingga harus disosialisasikan terus pada kader-kader PKK. Sebelum memijat bayi ibu dan bayi harus rileks dan dalam keadaan yang gembira. Pijatan bisa dimulai dari pangkal kaki hingga ke punggung secara perlahan.

“Jadi ini pijat untuk  tumbuh kembang bayi dan kebugarannya. Kalau misal bayinya kecetit lain lagi harus dibawa ke tenaga ahlinya,”

Selain berguna untuk kebugaran dan tumbuh kembang bayi, metode pijat ini menurutnya juga sangat penting dalam meningkatkan hububgan batin antara ibu dan bayi.

“Bisa dimulai dari pijatan-pijatan ringan seperti di pangkal paha ke ujung kaki, ”

Lebih jauh diterangkannya kelebihan pijatan ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Biasanya setelah pijat seperti ini bayi menjadi lebih tenang sehingga tidurnya pun jadi lebih nyenyak.

“Pijat ini boleh dilakukan setiap pagi dengan cara diusap-usap secara perlahan,”

Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan UP2K yang diikuti oleh Kader UP2K Kecamatan Se Kabupaten OKU Selatan.