Tingkatkan Pendapatan Masyarakat, PKK Bina Kelompok UP2K

BuktiPers.Com – OKU Selatan (Sumsel)

Dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK ) Kabupaten OKU Selatan menggelar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dimulai dari Kecamatan Buay Runjung Hingga ke-19 Kecamatan se-Kabupaten OKU selatan.

Pelatihan yang digelar oleh Pengurus TP-PKK Kecamatan, TP-PKK Desa dan Kelurahan serta pelaku kelompok usaha tersebut berlangsung di Aula Kantor Kecamatan masing-masing.

Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (24/3/2018) mengemukakan bahwa UP2K Desa merupakan salah satu alternatif pokok untuk menopang perekonomian masyarakat mengingat perempuan adalah salah satu aset pembangunan yang belum diberdayakan secara maksimal, khususnya peran perempuan yang masih sangat terbatas dalam kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi keluarga.

Untuk itu lanjut Isyana diperlukan strategi dan model kegiatan UP2K Desa agar lebih membumi dan dapat diterima oleh masyarakat yang dilaksanakan dalam 5 langkah pokok berupa peningkatan kemandirian melalui pendampingan, memantapkan kelembagaan, meningkatkan pengetahuan dan sumber daya manusia, meningkatkan permodalan serta mengembangkan pola kemitraan usaha.

“Karena kegiatan ini menjadi wahana yang sangat strategis maka TP PKK dan kader UP2K perlu diberikan pemahaman tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi keluarga yang dilakukannya,” tegas Isyana.

Isyana juga menghimbau agar para peserta pelatihan sungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sehingga mampu memberikan perubahan yang lebih baik dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga selaras dengan gerakan pelaksanaan 10 program pokok PKK di desa masing-masing, pungkas Isyana. (SRI/Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*